Dua Calon Independen tak Lolos Verifikasi KPU Papua

Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, dari jalur independen tidak lolos verifikasi   Komisi Pemilihan Umum -KPU Papua. Kedua pasangan itu adalah Yan Pieter Yembise – Hemskercke Bonay atau Yanhems dan pasangan John Yohanes Karubaba – Willybradus Magay atau Oskan.  Ketua KPU Papua, Benny Sweny mengatakan, itu karena kedua pasangan itu hanya dapat mengumpulkan  38 ribu suara.

“Karena kalau perseorangan yang pasangan Yan Pieter Yembise – Hemskercke Bonay itu sudah tidak memenuhi syarat gitu. (Karena?) Dari 166 ribu dukungan yang dimasukkan ke KPU, setelah kita verifikasi ternyata hanya 38 ribu, jadi dengan sendirinya tidak memenuhi syarat,” kata Benny Sweny.

KPU Papua kini masih membuka pendaftaran untuk pasangan bakal calon dari partai politik hingga 14 November mendatang. Sebelumnya Pansus Pilgub DPR Papua menyerahkan berkas tujuh pasangan Bakal Calon gubernur dan Wakil gubernur Papua pada Senin minggu lalu.

 Sementara itu, Pemerintah provinsi  Papua meminta seluruh Bupati/Walikota se-Papua untuk mendukung pelaksanaan Pemilukada Gubernur. Sekertaris Daerah Provinsi Papua, Constan Karma mengatakan, dukungan itu dapat berupa biaya pengiriman logistik pilkada ataupun honor penyelenggara, seperti petugas PPD, PPS dan TPS

 “Untuk meminta dukungan para Bupati untuk Pemilukada Gubernur Wakil Gubernur. Nanti bentuknya bermacam macam tergantung kabupaten dia mau bantu honor atau bantu pengirimin logistik, itu masing masing Bupati. Tapi itu yang penting radiogram turun kepada para Bupati,” aku Karma

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Constan Karma mengatakan, akhir-akhir ini banyak KPU kabupaten/kota di propinsi Papua yang mengeluh, karena tidak didukung bupati dan walikota. (kon-lit/kon-riri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: