Kepolisian Tangkap Pembawa Bahan Baku Bom di Biak

Kepolisian Papua  menemukan bahan baku bom yang didapatkan dari seorang berinisial BM. Dia tertangkap di Jalan Karang Mulia –Biak. Dari tangan BM juga disita 25 butir amunisi, selonsong peluru dan pisau.  Wakapolda Papua, Paulus Waterpauw mengatakan, saat penggeledahan BM, polisi juga menemukan sehelai bendera Bintang Kejora. Dalam pengembangannya, polisi juga menangkap seseorang lagi berinisial PA, yang menyimpan granat dan dua pipa 7 cm, yang diduga untuk perakitan bom.

 “Sementara informasi yang kami terima awal  itu kan sesungguhnya akan dibawa ke beberapa wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat. Sehingga pada saat ditemukan yang bersangkutan sementara ini masih dalam pendalaman untuk kemudian memastikan apakah dia akan dibawa ke beberapa wilayah yang lain itu yang dalam pengembangan. (Apakah dua orang ini juga bagian dari kelompok KNPB? Apakah ada kaitannya dengan Wamena?) Kalau indikasinya mungkin ya, indikasinya, tapi dalam pengembangan ya. Kalau identitas memang seperti yang saya sebutkan tadi beberapa data-data yang dipunyai dan cukup banyak ya, kartu anggota dan sebagainya, kartu kepanitiaan dan sebagainya itu memang ada padanya. Jadi mungkin iya, tapi semua dalam proses,” ujar Paulus Waterpauw.

Wakapolda Papua, Paulus Waterpauw menambahkan, kini kedua tersangka masih diperiksa di Polres Biak. Keduanya dikenai pelanggaran Undang-undang Darurat dengan hukuman 20 tahun penjara.

Kepolisian Papua kini menahan 13 orang, yang terkait dengan kepemilikan bahan peledak. Sebanyak 10 orang ditangkap  di Wamena, 1 orang di Timika dan 2 orang di Biak. (kon-lit)

One response

  1. Setelah tidak puas dengan kriminalisasi gerakan sipil rakyat Papua, kini pemerintah kolonial sedang berupaya menjadikan aktifis Papua sebagai rombongan terororis. Tujuanannya satu mematakan gerakan sipil rakyat Papua, dengan cara mengiring mereka menjadi musu global. Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: