Pemkab Paniai Siapkan 4 Posko Banjir

Pemerintah Kabupaten Paniai membuka 4 posko penanggulangan korban banjir bandang di Enarotali. Kepala BPBD Paniai,  Yulianus Layuk mengatakan, posko tersebut berada di gereja GKI Zaitun Enaroali, Mesjid Al-Mubaroq, Nunubado dan di Timsus 753 Madi. Kata dia, pos tersebut dibangun sebagai dapur umum untuk menanggulangi korban pasca bajir bandang kali Enarotali.

“Pada saat ini kami dari badan penanggulangan bencana itu sudah evakuasi korban bencana, trus langkah kami sekarang yaitu pemenuhan kebutuhan dasar. Nah kami dari Badan Penanggulangan bekerjasama dengan SKPD dan TNI telah membuka empat posko. Intinya ini kita akan memberi makan ke masyarakat tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan malam.” 

BPBD Paniai juga telah menyalurkan bantuan kepada  150 kepala keluarga korban banjir bandang di Enarotali. Kepala BPBD Paniai. Yulianus Layuk mengatakan, bantuan tersebut berupa panci, kuali, beras dan supermi. Kata Yulianus, bantuan itu sumbangan dari masyarakat dan Pemerintah Daerah Paniai.

“Jadi kita sudah mendata nama nama yang perlu mendapat bantuan. (Berapa banyak yang akan dibantu?) Iya, data yang masuk yang perlu disini sekitar 150 kk. (Itu yang tersebar di beberapa titik?) ini yang tersebar mulai dari Enaro sampai di ujung Bapouda, itu yang kita berikan.”

Banjir bandang kali Enarotali di distrik Paniai Timur, dipastikan akibat penebangan hutan di sekitar hulu kali. Penebangan hutan itu sudah berlangsung lama oleh masyarakat setempat.

Kepala BPBD Paniai, Yulianus Layuk berharap agar bencana serupa tidak terjadi lagi, maka kali Enarotali itu harus ditalut dan  dikeruk. Karena kali tersebut sudah mengalami pendangkalan akibat tumpukan material hutan dan sampah. Dia juga minta dinas kehutanan setempat, untuk melakukan penanaman pohon kembali di sekitar hulu kali, agar tidak terjadi penggundulan hutan. (wag-nat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: