DPR Papua Klaim 7 Calon Gubernur Sah Meski Tak Diverifikasi KPU

Sebanyak tujuh  pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur papua, yang sebelumnya mendaftar dan diverifikasi lewat Pansus Pilgub DPR Papua, kini dinyatakan sah, sebagai bakal calon peserta pilgub papua. Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menegaskan, dengan demikian setiap partai politik pendukungnya, kini tidak bisa lagi berpindah untuk mendukung calon lain.
Penegasan Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda ini, merupakan hasil pertemuan tim Legislasi DPR Papua dengan Mahkamah Konstitusi. Dalam pertemuan itu, mahkamah konstitusi menegaskan, bahwa tujuh  kandidat yang sudah mendaftar dan diverifikasi di Pansus DPR Papua adalah sah, tapi bukan lolos menjadi calon, melainkan hanya lolos administrasi. Dan partai pengusungnya juga sah, sehingga dukungannya tidak bisa dicabut lagi untuk kemudian dipindahkan ke bakal calon lain, saat pendaftaran di KPU Provinsi.
Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda berharap, dengan adanya penegasan MK ini, maka tidak adalagi penafsiran yang berbeda dengan putusan MK itu.  Yunus Wonda meminta semua pihak menghormati konstitusi atau aturan yang berlaku. DPR Papua juga meminta KPU sebagai penyelenggara, agar bersikap jujur dan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam melaksanakan tugasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: