Pemprov Papua Tambah Dana 3 miliar untuk E-KTP

Pemerintah Provinsi Papua menggelontorkan dana Rp 3 miliar sebagai dana tambahan untuk pelaksanaan program KTP-Elektronik. Kepala Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Papua, Yan Piet Rawar menuturkan, dana tambahan itu, untuk pengadaan 25 unit alat perekaman dengan total belanja Rp 2,5 miliar dan sisanya Rp 500 juta, untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi.

“Memang perlu adanya sosialisasi. Sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota ke beberapa daerah tertentu. Masyarakat juga banyak belum mengetahui tentang manfaat e-ktp ini. E-ktp ini penting dalam rangka untuk sistem administrasi kependudukan secara nasional juga bermanfaat dalam rangka pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan juga masalah-masalah kriminal dan perdata lainnya, jadi ini penting bagi kita. Sampai saat ini juga kita belum punya data jumlah penduduk yang baik, belum yang akurat oleh sebab itu dari perekaman e-ktp ini kita bisa mempunyai data. (Yakin bisa sampai ke pedalaman Papua?) kita belum bisa,” jelas Yan Piet Rawar.

Kepala Dinas Kependudukan dan Tenaga Kerja Papua, Yan Piet Rawar memastikan, perekaman data E-KTP, belum dapat selesai 100% hingga akhir tahun ini. Sesuai batas waktu yang ditentukan Kementerian Dalam Negeri. Itu karena geografis dan minimnya pengetahuan masyarakat di Papua akan pentingnya E-KTP.

Hingga bulan ini, hanya ada empat kota/kabupaten yang pelaksanaan E-KTPnya mencapai 100%. Diantaranya di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika. Sementara sisa 25 kabupaten lainnya, baru mencapai 20%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: