Puluhan Warga Keerom Kembali dari Pengungsian

Sebanyak 38 orang dari 3 kampung di Kabupaten Keerom, yang lima  bulan mengungsi ke hutan, kini sudah kembali  ke keerom. Tadi pagi puluhan pengungsi itu dijemput tim Elsham Papua dengan jalan kaki selama lima jam dari tempat pengungsian ke keerom. Direktur Elsham Papua, Ferry Marisan mengatakan, mereka bersedia pulang karena adanya  pernyataan jaminan keamanan bagi mereka, dari Bupati Keerom dan Pangdam Cendrawasih Papua. Kata Marisan, setibanya di Keerom siang tadi, pengungsi itu disambut Bupati Keerom, kapolda dan Pangdam 17 Cendrawasih Papua.

 

Pangdam, kapolda maupun bupati Keerom, dalam sambutan tadi itu, mereka menyatakan bahwa mereka menjamin keamananan dari pada  pengungsi itu. Karena akibat dari operasi keamanan itu, mereka ketakutan dan lari mengungsi ke hutan. Tapi kata pangdam dan kapolda sudah berikan pernyataan, menjamin keamanan mereka dan silahkan kembali dan tinggal di kampung nya seperti biasa.”

 

Direktur Elsham Papua, Ferry Marisan mengatakan, sore tadi seluruh pengungsi itu sudah tiba di kampung dan rumahnya masing-masing dengan keadaan sehat.

Sebelumnya 38 warga keerom ini mengungsi selama 5 bulan ke hutan karena trauma dengan pasukan TNI/Polri yang menembaki kampung mereka, mengejar dan mengintimidasi mereka.  Elsham papua bekerjasama dengan Paroki Katolik di Arso Keerom, SKPKC Keuskupan Jayapura bernegosiasi dengan Pangdam dan Kapolda, untuk diberikan jaminan keamanan bagi pengungsi itu. (dot)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: