Kuatir Jatuh Korban, Bupati Terpilih Dogiyai Belum Dilantik

Pelantikan bupati  dan wakil bupati terpilih kabupaten Dogiyai, yakni Thomas Tigi – Herman Auwe, masih ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Penundaan itu, karena alasan keamanan. Sebab, kandidat yang kalah, yakni pasangan Nathalis Degei –Esau Magay, masih berkonflik dengan bupati/wakil bupati terpilih. Penjabat Gubernur Papua, Constan Karma mengaku, pihaknya masih melakukan mediasi dengan kedua kandidat yang berkonflik itu.

“Kita mediasi mencari jalan terbaik, karena saya bilang sama mereka saya tidak mau jatuh korban. Karena kalau tadi mereka keras, Thomas juga keras akan jatuh korban karena keputusan hukum sudah final. Mereka juga mengerti tinggal proses politiknya, artinya deal deal politik masih bisa jalan ya. Tapi kalau proses hukum sudah final,” tegas Karma.

Penjabat Gubernur Papua, Constan Karma menambahkan, konflik kedua kandidat itu,  dipicu ketidakpuasan pasangan kandidat Nathalis Degei –Esau Magay atas putusan Mahkamah Konstitusi atau MK, yang memenangkan pasangan Thomas Tigi – Herman Auwe.

Pasangan Nathalis Degei –Esau Magay, tidak puas karena sebelum pencoblosan, 3 pasangan kandidat yang bertarung di pilkada Dogiyai itu, sudah membuat kesepakatan politik. Yaitu, siapapun yang menang, semua harus terima dan tidak mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Tetapi kemudian, pasangan kandidat Thomas Tigi – Herman Auwe menggugat KPU ke MK. Karena pada rekapitulasi KPU pertama pasangan Thomas Tigi – Herman Auwe dinyatakan KPU unggul memperoleh suara. Tapi pada rekapitulasi ulang, KPU berbalik memenangkan pasangan Nathalis Degei –Esau Magay. Lalu putusan MK menyatakan pasangan Thomas Tigi – Herman Auwe, yang berhak sebagai bupati dan wakil terpilih Dogiayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: