Pemkab Jayapura Janji Tangani Limbah Balai Benih yang Mencemari

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura, akan menangani masalah limbah balai benih ikan di kampung Sereh, yang sudah mencemari sumber air bersih warga setempat. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura, Franklyn Mananoma juga mengakui bahwa limbah pembuangan dari balai benih ikan di Sereh itu,  belum dikelola dengan baik. Kata dia Dinas perikanan dan kelautan telah menyiapkan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan saluran pembuangan limbah. Namun Ia tidak menyebutkan berapa besaran dananya.

“ Karena kita nanti akan buat permanen atau nanti kita akan buat pipa. Jadi kita buat sayat setelah itu kita buat pipa supaya air dari buangan balai benih ikan (BBI) ini   akan diusahakan melewati bak intake masyarakat untuk penyaluran air bersih masyarakat ke rumah-rumah masyarakat yang ada di Sereh itu.”

Balai benih ikan ini adalah milik dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Jayapura yang dibangun 2009 lalu, untuk memenuhi kebutuhan benih ikan air tawar di daerah itu. Tapi kini limbahnya mencemari sumber air bersih warga di kampung Sereh distrik Kota Sentani. (kon-put)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: