Puluhan Perusahaan di Kabupaten Jayapura Tak Bisa Beroperasi karena Hak Ulayat

Sebanyak 42 perusahaan  di kabupaten Jayapura, belum bisa beroperasi karena terkendala masalah hak ulayat.  Perusahaan tersebut sebagian besar bergerak di bidang agraria atau perkebunan. Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Jayapura, Bambang Widiyatmoko mengatakan, kini pemerintah setempat sedang memfasilitasi perusahaan itu untuk menyelesaikan masalah tanahnya  dengan masyarakat adat pemilik ulayat.

“ Cuma ya itu kendalanya masih mengenai kepemilikan hak ulayat itu karena pemerintah tidak serta merta menyetujui karena tidak ada lagi istilah tanah negara bebas. Semua tanah yang berada di Papua ini pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Jayapura pasti ada pemegang wilayahnya dan itu harus ada pendekatan sosial, pendekatan pribadi atau personal sehingga tidak menimbulkan dampak yang aneh-aneh.” Kata dia.

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan  Kabupaten Jayapura, Bambang Widiyatmoko mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jayapura akan membantu investor  untuk menyelesaikan masalah hak ulayatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: