Komnas HAM Besok Ke Pirime, Selidiki Penembakan Kapolsek

(Jakarta) Komnas HAM memberangkatkan Timnya ke Papua untuk menyelidiki insiden penembakan di Mapolsek Pirime Lanny Jaya, yang menewaskan Kapolsek Pirime dan 2 anggotanya. Ketua Bidang Penindakan Komnas HAM Natalius Pigai menyebutkan, Tim langsung dipimpin ketua Komnas HAM, Okto Nur Abdullah. Namun Komnas HAM belum memiliki dugaan, apakah insiden tersebut berkaitan dengan kelompok sipil bersenjata atau terkait peringatan 1 Desember. Biasanya tanggal tersebut diperingati kelompok Organisasi Papua Merdeka sebagai Hari Kemerdekaan.

“Sekarang itu yang kerap melanggar HAM itu adalah aktor non negara. Karena itu kita nanti selidiki. Korban ini adalah elemen negara kan. Jadi apakah ini masyarakat murni atau mungkin juga kelompok-kelompok sipil bersenjata. Nanti akan kita cek di lapangan.” Ungkap dia.

Ketua Bidang Penindakan Komnas HAM, Natalius Pigai menambahkan, tim akan berangkat besok. Selain mempelajari kasus penembakan Kapolsesk Pirime, Komnas HAM juga akan mengumpulkan sejumlah data, terkait beberapa pelanggaran HAM yang sebelumnya terjadi di Papua.

Terkait kasus penyerangan dan penembakan di Mapolsek Pirime Lanny Jaya ini, Kapolda Papua Tito Karnavian, juga sudah berada di lokasi kejadian untuk mengecek langsung dan memimpin penyelidikannya. (rah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: