Mayoritas Parpol di Papua Tak Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan

(Jakarta) Kebanyakan partai politik di Papua tidak memenuhi syarat pengurus perempuan 30 persen. Anggota KPU Papua Ferry Kareth mengatakan kepengurusan partai di Papua memang didominasi laki-laki. Beberapa partai sudah membuat surat pernyataan tentang ketidakmampuan memenuhi kuota pengurus perempuan. Namun Ferry menolak menyebutkan partai yang tidak memenuhi persyaratan tersebut.
“Bervariasi. Ada partai yang memenuhi persyaratan, tapi kebanyakan tidak memenuhi persyaratan. Ini dari provinsi yang kami lihat. Kalau di kabupaten kota, kami belum tahu karena proses masih berjalan. Ada sebagian besar, hampir separuhnya perempuannya tidak 30 persen. Kami hanya melakukan verifikasi faktual. Kami tidak punya kewenangan untuk menyatakan mereka memenuhi syarat atau tidak. Yang menyatakan memenuhi syarat jadi peserta pemilu itu dinyatakan oleh KPU di Jakarta,” kata Ferry Kareth.

Verifikasi faktual atau pemeriksaan di lapangan saat ini sedang dilakukan di tingkat kabupaten/kota. Partai politik disyaratkan memiliki jumlah pengurus perempuan miniman 30 persen dari seluruh pengurus di suatu wilayah. Syarat itu menjadi salah satu faktor lulus tidaknya partai politik menjadi peserta pemilu 2014 mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: