Tiga Satuan Kerja Dilaporkan Ke Polisi atas Dugaan Korupsi Puluhan Miliar

(Jayapura) Papua Corruption Watch -PCW melaporkan tiga   Satuan Kerja Perangkat Daerah –SKPD, ke Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Papua, atas kasus dugaan korupsi. Koordinator Divisi Informasi dan Data PCW, Hans  Paiki mengatakan, ketiga SKPD itu adalah Dinas Pertambangan, RSUD Dok II dan Biro Pemberdayaan Kampung.

 “Pertambangan itu beberapa proyek sebelumnya sekitar 40 itu proyek tahun dari 2009 sampai 2011 itu terkait dengan survey-survey tambang di Mamberamo. Kalau rumah sakit terkait dengan dana jamkesda kemudian beberapa tender-tender proyek yang terjadi mark up di dalamnya. Biro pemberdayaan kampung kasus yang lama terkait dengan pengadaan solar cell. Dengan adanya komitmen Polda untuk pemberantasan apalagi kemudian dengan beberapa satgas-satgas yang sudah disiapkan, harapan kita kemudian bisa terjadi kerjasama antara PCW dan Polda,” jelas Hans N Paiki

Data dugaan korupsi yang diserahkan PCW ke Polda Papua itu, antara lain, dugaan korupsi pada proyek pengadaan barang dan jasa di RSUD Dok II Jayapura, sejak tahun 2010-2012. Yang ditaksir merugikan negara  sebesar Rp 10 miliar. Seperti pengadaan barang bahan makanan senilai Rp 4,5 miliar, pengadaan obat dan infuse Rp 1.9 miliar, pengadaan alat kesehatan habis pakai Rp 1.9 miliar, pengadaan alat, kesehatan habis pakai VI sejumlah Rp 2,1 miliar, pengadaan bahan habis pakai Leb Patologi Klinik dengan jumlah Rp 1.5 miliar serta  pembayaran dana Jamkespa terhadap jasa perawat dan dokter.

Pada Biro Pemberdayaan Kampung, adanya dugaan korupsi pada proyek pengadaan bahan kontak kepada masyarakat, pengadaan solar sel dan paket lainnya berupa TV dan parabola sejak tahun 2009-2010 dengan kerugian negara sekitar Rp 35 miliar. Keseluruhan dana tersebut bersumber dari dana Otsus. (kon-lit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: