Evaluasi Otsus, Kemendagri Undang Pejabat di Papua dan Papua Barat

(Jakarta)  Kementerian Dalam Negeri akan bertemu dengan para pemangku pihak untuk mengevaluasi pelaksanaan otonomi khusus di Papua dan Papua Barat. Evaluasi menyeluruh ini dilakukan karena buruknya tata kelola pemerintahan, termasuk buruknya pengelolaan dana triliunan otonomi khusus di sana. Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakan seluruh masukan pemangku pihak akan dikumpulkan untuk dijadikan acuan dalam evaluasi. Menurut dia pertemuan dengan para pemangku pihak akan digelar Rabu di kantor Kementerian Dalam Negeri.

 “Pada level implementasi kebijakan. Jadi itu yang tampaknya kita harus perbaiki. Papua kan tak sama. Ada hambatan isolasi fisik dan tingkat kesejahteraannya masih dibawah. Nah jadi walaupun ada dana otsus yang besar dan ada banyak kewenangan banyak yang diberikan kepada penyelenggara pemerintah daerah, tapi kok belum ada kemajuan yang signifikan. Makanya pemerintah berusaha mencari jalan dan tidak tinggal diam.” Ujar Djohermansyah.
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakan pertemuan untuk evaluasi Otsus Papua ini akan menyertakan seluruh pejabat di tingkat provinsi dan kabupaten kota se-Papua. Selain pejabat pemerintah, seluruh perwakilan adat, wakil dari DPRP dan MRP juga disertakan bersama pada pegiat LSM di Papua.

Evaluasi menyeluruh ini dilakukan karena pelaksanaan Otonomi Khusus belum bisa menyejahterakan masyarakat di Papua. Padahal pemerintah menganggarkan dana Otsus lebih dari 2 triliun rupiah setiap tahunnya di luar dana perimbangan keuangan dari pemerintah pusat. Sementara dana otonomi khusus 2013 untuk Provinsi Papua sebesar Rp 4,3 trilliun dan Rp1,8 triliun untuk Provinsi Papua Barat. (van)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: