Rabu Kemendagri Evaluasi Otsus Papua

(Jakarta) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakui otonomi khusus Papua bermasalah dalam tahap implementasi sehingga tak membuat warganya sejahtera. Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek mengatakan, pengelolaan dana otsus masih belum dilakukan dengan efektif. Kata dia, Kemendagri akan mengevaluasi implementasi Otsus tersebut secara menyeluruh

 

“Artinya bukan sekedar dana otsus. Otsus Papua itu tidak bisa sekadar hanya diartikan dana otsus, tetapi juga bagaimana kebijakan dan konsepsinya, substansi dan muatannya. Makanya kalau kita memerlukan penajaman dan perkuatan maka pasti kita lakukan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, kita tidak bantah. Termasuk membahas grand design. Dan kami juga akan melakukan asistensi dan supervisi, bimbingan dan pelatihan. Intinya kami ingin membangun Papua dengan cinta karena mereka adalah bagian dari kita.” Ujar Reydonnyzar.

Juru bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moenek menambahkan, permasalahan saat ini salah satunya terkait terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan Papua. Kemendagri akan memberikan bimbingan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Rabu lusa, Kemendagri evaluasi penerapan otsus di Papua bersama jajaran pemerintahannya. Sejumlah akademisi dan LSM di Papua meminta Kemendagri tak sekedar membahas dana otsus, tapi juga aturan dari UU Otsus serta kebijakan turunannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: