Pemerintah Diminta Evaluasi Otsus Secara Menyeluruh

(Biak) Pemerintah diminta  mengevaluasi Otsus Papua secara menyeluruh. Permintaan ini menyusul rencana kementerian dalam negeri bersama pemerintah Papua dan Papua Barat mengevaluasi 11 tahun otsus pada rabu lusa  di Jakarta. Direktur ICS Papua, Budi Setyanto mengatakan, evaluasi otsus jangan lagi hanya soal dana. Tapi kata dia, harus mengevaluasi masalah yang lebih substansi. Yakni  soal penolakan orang papua terhadap otsus.

Secara komprenhensif evaluasi otsus itu harus menjawab tentang mengapa otsus itu setelah berjalan 11 tahun tidak diterima masyarakat Papua. Jadi evaluasinya bukan sekadar soal uang otsus tidak mengalir efektif ke masyarakat. Tapi mengapa otsus itu kok tidak lagi diterima oleh orang Papua. Apakah itu karena soal filosifinya yang salah dari otsus, atau soal kewenangan dalam otsus itu yang dipermasalahkan. Jadi memang harus integratif  dan komprehensif. Sehingga tidak hanya soal dana. Meski dana Otsus itu ternyata tidak efektif diterima masyarakat,” ujar Budi.

Menurut Direktusr ICS Papua, Budi Setyanto, ada empat masalah mendasar sehingga masyarakat Papua menolak otsus. Yakni masalah integrasi, pelanggaran HAM, ketidakadilan pembangunan dan masalah eksploitasi sumber ekonomi.

Staf pengajar di Universitas Papua -Unipa Manokwari Papua Barat, Hugo Warami juga menginginkan evaluasi otsus, juga menyangkut amandemen undang-undang otsus. Terutama tentang Pilkada.

Senior GMKI Jayapura Kety Yabansabra juga berharap Undang-undang Otonomi Kusus Nomor: 21 Tahun 2001, diamandemen, yakni bagian penerimaan daerah untuk pertambangan galian A, B, C. Yang dalam Undang-Undang Otsus hanya ada minyak dan gas. (dot)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: