Pemerintah Tak Akan Kurangi Dana Otsus

(Jakarta) Pemerintah tidak akan mengurangi dana Otonomi Khusus-Otsus  Papua. Meskipun ditengarai terjadi kebocoran penyaluran dana Otsus di Papua dan Papua Barat. Tahun depan dana Otsus untuk propinsi Papua mencapai Rp 4,3 triliun dan untuk Papua Barat Rp1,8 triliun. Dirjen Otonomi Khusus Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan mengatakan, agar penyaluran dana Otsus tepat sasaran, pihaknya bakal meningkatkan kemampuan sumber daya manusia aparatur daerah di Papua dan Papua Barat. Ia juga mengklaim, buruknya tata kelola pemerintahan di 2 propinsi ini, akan menjadi sorotan untuk mengevaluasi menyeluruh pelaksanaan Otonomi Khusus di Papua dan Papua Barat.

 

“Itu khan sudah ada UU. Pembagian dana Otsus itu 2 persen dari plafon total Dana Alokasi Umum Nasional. Gak lah itu tetap. Yang penting itu bagaimana tata kelolanya yang baik. Pengelolaan yang transparan yang akuntabel, partisipatif gitu ya. Kemudian punya sistem perencanaan yang baik, sistem monitoring evaluasi dan pelaporan yang baik. Jadi ke arah penataan sistemnya supaya efektif dan optimal. Sehingga tidak terjadi penyimpangan dan penyelewengan.” Ujar Djohermansyah.

 

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan menambahkan, tata kelola dana Otsus yang baik harus disertakan dengan transparansi pengelolaan dan pelaporan penggunaan anggaran. Tanpa itu, kata dia, dana otsus akan sulit dipertanggungjawabkan.

Rencananya pemerintah akan mengumpulkan para pemangku pihak untuk mengevaluasi pelaksanaan Otonomi Khusus di Papua dan Papua Barat. Pertemuan akan berlangsung di Jakarta pada Rabu lusa. (van)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: