Kualitas Lingkungan Hidup Papua dan Papua Barat Terus Turun

(Biak) Indeks kualitas lingkungan hidup di propinsi Papua dan Papua Barat menurun drastis dalam 3 tahun terakhir. Menteri Lingkungan Hidup, Baltasar Kambuaya mengatakan, tahun 2009   berada di peringkat 2 terbaik se-Indonesia. Tapi  di tahun 2010, turun drastis di urutan 20 hingga urutan 22 di tahun 2011. Baltasar Kambuaya mengatakan, itu akibat dari pembukaan lahan, penebangan pohon dan pencemaran lingkungan, sungai, danau dan laut.

 

“Ini artinya ukuran kualitas dari lingkungan hidup kita di tanah Papua ini, seperti begitu. Semakin menurun.  kalo ini kita tidak cegah. Ini akan turun terus. Itu artinya  kualitas lingkungan hidup kita ini semakin turun dari waktu ke waktu. Kita nanti bisa menghadapi berbagai persoalan, perubahan iklim, pemanasan, banjir dan kerusakan hutan dan sebagainya. Itu sebabnya, kita harus bertindak.”  Ujar Menteri Baltasar.

 

Menteri Lingkungan Hidup Baltasar Kambuaya juga mengatakan, pencapaian standar minimal di bidang lingkungan hidup di Papua dan Papua Barat, juga rendah. Seperti kualitas air, udara dan lingkungan yang semakin buruk dan memicu manusia gampang jatuh sakit. (dot)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: