Pemprov Papua Bantah Pendidikan Gratis Gagal

(Jakarta) Pemerintah Provinsi Papua membantah pendidikan gratis gagal dilaksanakan di papua.  Kepala Dinas Pendidikan Papua, James Modouw mengatakan hal itu menanggapi hasil survei lembaga CSIS yang menyebut 90 persen sekolah di kota Jayapura masih memungut biaya pendidikan dari orang tua dan siswa. Menurut James, ini karena pungutan liar pada sekolah-sekolah hanya terjadi di Jayapura, tidak di wilayah lain Papua. Menurut James, sekolah gratis di seluruh Papua sudah berlaku sejak lama.


Itu di Kota Jayapura jadi bukan Papua. Kalau Jayapura jangan tanya pada saya. Kepala Dinas Pendidikan Jayapura dan Walikotanya bisa. Pendidikan gratis secara menyeluruh sudah dan kemarin kita sudah tindak sekolah di Jayapura yang melakukan pungutan liar. (Setiap tahun apa selalu ada kasus semacam itu?) Iya itu karena kurangnya pembinaan pada tingkat kota dan kabupaten. Kita sudah turunkan pengawas tapi masih tidak diindahkan dan dilakukan terus. Peraturannya sudah ada.” Ujar James.
Kepala Dinas Pendidikan Papua, James Modouw menambahkan Dinas Pendidikan Pemprov Papua sudah menindak tegas masalah pungutan liar pada sejumlah sekolah di Jayapura.

November lalu, Lembaga CSIS – Pusat Studi Internasional Strategis menyebutkan 90 persen sekolah di kota Jayapura masih memungut biaya pendidikan dari orang tua dan siswa. Kordinator Program CSIS Jakarta, Vidhyandika Perkasa mengatakan, temuan itu dari hasil survey CSIS dan CIS selama 2 minggu di 10 SMP di Kota Jayapura. Padahal kata dia, pemerintah setempat selalu menyatakan pendidikan di daerah itu, gratis bagi pendidikan SD-SMA. (van)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: