BPK: Hasil Audit Freeport Disampaikan Awal Tahun

(Sentani) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)   akan mengumumkan hasil audit perusahaan tambang PT. Freeport Indonesia, pada awal tahun depan. Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa mengatakan,  kini ada 3 perusahaan tambang besar yang sedang diaudit. Yakni PT. Freeport Indonesia, PT Newmont, dan PT. Aneka Tambang. Hasilnya akan diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat. Yang diaudit adalah :Clear, Clean dan Green atau CCG yakni jelas, bersih, dan hijau. Clear  maksudnya untuk memastikan, apakah perusahaan ini sudah memberikan hak Negara, yang  selama ini belum diberikan. Clean  untuk  memastikan prosedur perizinannya, apakah sudah benar. Green untuk memastikan tidak terjadi eksploitasi berlebihan yang merusak lingkungan.

“Karena ini sedang dalam proses pemeriksaan awal tahun artinya tahun anggaran 2012. Berarti harus dilaporkan ke Presiden dan pemerintah itu awal tahun. Oleh karena itu saya minta maaf belum bisa keluarkan hasil pemeriksaan,” kata Ali.

 

Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa mengatakan, dalam audit ini BPK mengacu pada Undang undang lingkungan,  Kehutanan dan Undang undang tata ruang. (kon-rir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: