Kemendagri Mulai Evaluasi Otsus Papua

(Jakarta) Pemerintah hari ini menggelar evaluasi pelaksanaan Otonomi Khusus Papua 2012. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonizar Moenek mengatakan, evaluasi ini diperlukan untuk pengembangan pembangunan Papua melalui dana otsus. Kata dia, evaluasi ini akan merumuskan rekomendasi bagi pemerintah soal pelaksanaan otsus.

“Nanti kita merumuskan, kan ada pemaparan dari berbagai kementerian dan lembaga yang akan masuk. Dengan dasar itu juga akan ada rekomendasi. Itu semua elemen yang berkenan dengan komitmen kita untuk menumbuh-kembangkan dan membangun Papua, itu akan kita rumuskan dalam dua rekomendasi kebijakan. Semata-mata untuk penguatan dan penajaman dan untuk menjamin efektivitas pelaksanaan UU Otsus ini di Papua.” Ujar Reydonizar.

 

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonizar Moenek menambahkan, pelaksanaan evaluasi ini juga sebagai bentuk kontrol pemerintah dalam pelaksanaan otsus di tanah Papua.

Sebelumnya Kemendagri mengakui pengelolaan dana otsus masih belum dilakukan secara efektif. Kemendagri menduga hal itu terjadi akibat terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan Papua. Salah satu cara perbaikannya adalah dengan melakukan pembinaan pengelolaan keuangan daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: