UP4B: UU Otonomi Khusus Gagal Dilaksanakan

(Jakarta) Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B), menilai  Undang-Undang Otonomi Khusus di tanah Papua gagal dilaksanakan. Deputi Bidang Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan dan Pendanaan UP4B, Ikhwanuddin Mawardi mengatakan, kegagalan otsus di Papua ini disebabkan 4 hal. Di antaranya adalah, belum rampungnya aturan pelaksanaan UU Otsus (Perdasi dan Perdasus) dan lemahnya pengendalian terhadap pengelolaan dana Otsus oleh Pemerintah Pusat.  Menurut dia, tidak mungkin UU Otsus bisa diterapkan di Papua selama peraturan pelaksanaannya belum ditetapkan Pemerintah Daerah dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua.

“Mengapa gagal? kalau kita lihat bahwa Otsus itu ada pasal yang mengatakan perlu dibentuknya Perdasi dan Perdasus dan dua tahun setelah itu diundangkan maka Perdasi dan Perdasus itu harus sudah ada. Sekarang sudah 11 tahun. Tetapi banyak sekali Perdasus dan Perdasi yang belum selesai.” Ujar Ikhwanuddin.

 

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) mendesak Pemerintah Daerah Papua dan Papua Barat, untuk segera menetapkan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) dan Peraturan Daerah Istimewa (Perdasi). Khususnya Perdasus tentang pembagian dan pengelolaan penerimaan dana otonomi khusus. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Djohermansyah Djohan mengatakan, perdasus itu sangat penting agar pelaksaan otonomi khusus di Bumi Cendrawasih bisa berjalan optimal.

One response

  1. Tuntut Pemerintah Daerah Papua buat Peraturan Daerah Khusus Dan Peraturan Daerah Istimewah.
    Peraturan Daerah yang sudah dicantumkan dalam Peraturan Daerah Otonomi Khusus saja ada fasal-fasal yang tidak disetujui sedangkan peraturan itu lahir dari hati nurani orang asli papua.
    Jadi solusi sekarang adalah REVERENDUM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: