Kapolda: Empat Kelompok OPM Penyerang di Pirime

(Sentani) Kepolisian Papua mengidentifikasi adanya empat  kelompok organisasi papua merdeka- OPM, yang menyerang Polsek Pirime di Lanny Jaya. Kapolda Papua, Tito Karnavian menyebutkan  kelompok OPM Pirime, Balingga, Tiom dan Puncak Jaya. kata Tito, kelompok OPM ini juga yang menembak mati seorang warga sipil di Tiom beberapa waktu lalu.  Kelompok OPM ini pula yang melakukan serangkaian aksi penembakan di Puncak Jaya. Seperti penembakan warga sipil, aparat keamanan, dan penembakan pesawat Trigana. Adapun salah satu pimpinannya diketahui berinisial POW.

 

“Ada kelompok Pirime sendiri, ada kelompok dari Tiom, ada kelompok Balingga, ada kelompok dari Puncak Jaya. Empat kelompok kecil yang digabung menjadi satu. Tapi kemudian mereka berusaha, ada konflik mereka dengan yang di Puncak Jaya sehingga mereka berusaha mendapat tempat yang baru. Nah, yang dipilih adalah Pirime dan Tiom,” ungkap Tito.

 

Kapolda Papua, Tito Karnavian menambahkan, empat  kelompok OPM itu sebelumnya di bawah komando panglima tertinggi OPM, Goliath Tabuni di Tingginambut, Puncak Jaya. Namun karena ada perpecahan, kelompok ini kemudian bergeser ke Lanny Jaya.

Kapolda Papua, Tito Karnavian memastikan, situasi keamanan di Lanny Jaya saat ini sudah normal dan ratusan personil Brimob telah dikerahkan membantu kekuatan pengamanan di wilayah itu. (kon-rir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: