ODHA di Kabuten Jayapura Masih Kerap Didiskriminasi

(Sentani) Orang Dengan HIV/AIDS atau ODHA di Kabuapten Jayapura, masih kerap mendapat perlakuan diskriminasi dari masyarakat dan keluarganya. Wakil Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Jayapura, Esterlina Ayomi mengatakan, bentuk diskriminasinya berupa tindakan kekerasan masyarakat terhadap ODHA, serta  tidak adanya pengakuan pihak keluarga terhadap odha.

 

“Kan sebenarnya terjadi diskriminasi ini karena orang takut karena masih di dalam image masyarakat sekarang kalau orang terinfeksi HIV berarti tamat lah riwayatnya, padahal sebenarnya tidak. Kalau kita temukan mereka   mendapat layanan akses kesehatan maka mereka bisa hidup seperti orang normal yang lain atau bisa berproduksi begitu. Jadi kita tidak perlu takut karena penularannya itu susah, penularannya untuk kita yang berada di Papua itu lebih banyak melalui hubungan seks. ” Ujar Esterlina.

 

Wakil Ketua KPA Kabupaten Jayapura, Esterlina Ayomi mengatakan, upaya KPA mengatasi  diskriminasi itu, baru sebatas sosialisasi. (kon-put)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: