Enam Pasangan Lolos Pemilukada Papua

(Jayapura) Komisi Pemilihan Umum-KPU Papua, semalam menetapkan enam  pasangan calon gubernur/wakil gubernur. Sebanyak empat  pasangan dari unsur partai politik dan dua  pasangan dari unsur perseorangan  maju di pilkada Papua akhir Januari mendatang. Ketua KPU Papua,  Benny Sweni mengatakan, dari sembilan  pasangan bakal calon yang diverifikasi, tiga di antaranya tidak lolos karena tidak memenuhi sejumlah persyaratan. Yakni pasangan Barnabas Suebu – Jhon Tabo, yang tidak mencapai 15 persen dukungan dari partai politik. Dan pasangan calon perseorangan, yakni Yan Yambise – Heinske Bonai dan  Jhon Karubaba – Willybrodus Magay, yang dukungan suaranya  tidak mencukupi 15 persen.

 

“Jadi kita sudah lakukan pleno, dari pleno yang membahas tentang penelitian tahap satu maupun penelitian tahap dua dari berkas sembilan bakal calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua. Kita telah menetapkan ada enam pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur yang memenuhi syarat,” ungkap Benny.

 

Ketua KPU Papua,  Benny Sweni berharap, agar setiap pasangan calon yang tidak lolos dapat menerima putusan KPU ini. Kata dia, jika tidak setuju dengan putusan ini, dapat menempuh jalur hukum.

Pasangan calon yang lolos itu adalah: empat  pasangan dari unsur parpol, yakni pasangan Lukas Enembe – Klemen Tinal, Habel Melkias Suwae – Yop Kogoya, MR. Kambu – Blasius Pakage dan Alex Hesegem – Marthen Kayoi. Serta dua  pasangan independen, yakni Wellington Wenda – Weynand Watori, dan Noakh Nawipa –Yohanes Woop.

Sesuai jadwal KPU, hari ini akan dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap –DPT. Sabtu besok, pencabutan nomor urut calon. (kon-rir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: