ITB Kembangkan PLTS di Papua

(Jakarta) Pemanfaatan energi matahari untuk pembangkit listrik di Papua akan ditingkatkan. Institut Teknologi Bandung-ITB akan bekerjasama dengan swasta dan pemerintah pusat, untuk memperluas pembangkit listrik tenaga surya di Papua. Pemimpin Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya ITB, Armi Susandi mengatakan, ITB juga akan menyiapkan sumber daya manusia di Papua untuk menopang kelancaran program ini.
“Kita punya rencana untuk mencoba dengan berbagai stake holder termasuk dengan ESDM untuk mengembangkan di berbagai tempat. Nah hari ini kita workshop dua hari tentang energi surya ini. Kita tengah melihat peluang lain untuk mengembangkan di daerah lain, khususnya di kawasan terisolir seperti Sulawesi, Kalimantan, dan Jayapura. Kita lagi jajaki kerjasama dengan Pertamina. (Tapi apa akan jadi berbayar?) Nah lihat mekanismenya. Kalau misalnya mekanisme pembangunannya melalui pendanaan internasional atau swasta maka tak akan bayar, Tapi kalau lewat proyek pemerintah mungkin akan bayar.”  Ucap Armi.

ITB bekerjasama dengan Universitas Twente, Belanda telah membangun pembangkit listrik tenaga surya untuk pemerintah Kota Jayapura. Pembangkit hibah ini bisa menghasilkan daya listrik 52 ribu KWh per tahun. Dengan adanya bantuan ini, Pemerintah Kota Jayapura bisa menghemat biaya listrik Rp 2 juta karena hanya menggunakan pasokan listrik PLN pada malam hari. Pembangkit ini dipasang di atas Gedung Balai Kota. (van)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: