Kadin Minta Investor tak Dibebani Biaya Pembangunan Infrastuktur di Papua

(Jakarta) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengusulkan agar biaya pembangunan infrastruktur tidak dibebankan kepada para pengusaha yang ingin berinvestasi di Papua. Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto mengatakan, biaya investasi akan bertambah jika hal tersebut dibebankan ke pengusaha. Meski begitu dia memastikan kalau kalangan swasta akan selalu tertarik untuk menanamkan modal di Indonesia.

 “Saya kira kalau daya tarik pasti menariklah. Tapi mungkin kendalanya hanya masalah infrastruktur yang berat. Itu  kalau tak dibangun pemerintah, maka swasta yang harus membangun. (Bagaimana dengan mekanisme itu?) Itu akan menambah biaya investasi. Mungkin dari segi itu akan jadi berat. Kedua masalah keamanan di sana bagaimana? Dan ketiga saya dengar masalah tanah itu, disana masih jadi kendala juga. Alangkah baiknya kalau infrstrukturnya dibangun oleh pemerintah sehingga tak jadi beban investor.” Ujar Suryo.
Ketua Umum KADIN Suryo Bambang Sulisto mengatakan, pemerintah pusat bisa melibatkan peran pemerintah daerah, jika tak sanggup membiayai pembangunan infrastruktur di Papua. Menurut dia, Papua adalah tempat yang menarik bagi investor. Ini terkait dengan kekayaan sumber daya alam, dan luasnya lahan untuk tempat usaha.

 

Sebelumnya, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat meminta swasta untuk ikut membiayai pembangunan infrastruktur di Papua, jika ingin berinvestasi di sana. Sebagai gantinya, pemerintah berjanji akan memberikan kompensasi dan insentif kepada para investor yang jadi menanamkan modal di Papua. Kala itu seruan ini disampaikan kepada investor industri semen dan perkebunan. (van)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: