Kemendagri Siapkan Permen Dana Otsus Papua

(Jakarta) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bakal menerbitkan peraturan menteri soal pemerataan dana otsus antara pemerintahan provinsi dengan pemerintah kabupaten/ kota di Papua dan Papua Barat. Juru Bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moenek mengatakan, kebijakan baru ini merupakan hasil dari evaluasi otsus yang diselenggarakan pemerintah di Kemendagri pada pekan lalu. Adanya  wacana pembentukan lembaga baru untuk pengelola dana otsus, menurut Reydonnyzar Moenek, bukanlah solusi untuk mengatasi masalah pelaksanaan otsus selama 11 tahun di Papua dan Papua Barat.

 

“Kelembagaan baru itu pun tidak akan menyelesaikan masalah. Yang penting keberimbangan keuangan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota, itu yang harus kita atur. Kebijakan itu kan berasal dari regulasi yang ada, Undang Undang No 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Undang Undang No 33 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pusat dan daerah. Bagaimana konsep itu akan membentuk kelembagaan baru. Nanti di mana proses sinkronisasi, koordinasi dan harmonisasi, malah makin menyulitkan itu.” Ujar Reydonnyzar.

 

Sebelumnya, Kemendagri mengevaluasi seluruh kebijakan otonomi khusus Papua yang mulai berlaku sejak 11 tahun silam. Evaluasi itu dilakukan karena tata kelola pemerintahan, termasuk pengelolaan dana triliunan rupiah otonomi khusus di tanah Papua, masih buruk. Melalui evaluasi tersebut, diharapkan bisa dijadikan acuan Pemerintah untuk memperbaiki kebijakan otsus Papua untuk sembilan tahun mendatang. (Ika)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: