Lemahnya Penegakan Hukum Penyebab Masih Maraknya Penebangan Liar di Papua

(Jakarta) Praktek illegal logging atau pencurian kayu di tanah Papua, masih tergolong tinggi dan sulit dihentikan. Menurut Peneliti dari IPB Bogor, Damayanti, upaya memberantas praktek illegal logging di Papua dan di Indonesia umumnya, kini tergantung komitmen pemerintah. Kata dia, pemberantasan illegal logging masih terbentur dengan lemahnya penegakan hukum dan minimnya SDM Polisi Hutan.

 

“Kalo ditanya siapa yang salah, masalahnya sudah kompleks dan semua orang sudah tau di mana bolong-bolongnya. Yaitu, penegakan hukum yang lemah, pengawasan hutan yang sedemikian luas, tapi kekurangan polisi hutan. Jadi tidak mudahlah mengatasi illegal logging. Tapi sebenarnya kalo niat ada, harus bisa.” Ujar Damayanti.

 

Peneliti dari IPB Bogor, Damayanti juga mengklaim, adanya SVLK atau aturan sistem verifikasi legalitas kayu yang dikeluarkan pemerintah, juga belum mampu mengurangi praktek illegal logging di Indonesia termasuk di Papua.

Kata dia, pemberdayaan masyarakat lokal untuk mencegah illegal logging, perlu dikembangkan di Indonesia. Pemerintah juga perlu membuat undang-undang Anti illegal logging, yang dapat menutup keluar –masuknya kayu dari Indonesia ke Negara lain. Seperti yang sudah dilakukan pemerintah Australia. (Ixn/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: