Pelaku Kerusuhan di Papua akan Dijerat UU Terorisme

 (Jakarta) Kepolisian mengancam akan menggunakan Undang Undang Terorisme untuk menjerat pelaku kerusuhan di Papua. Kepala Bareskrim Sutarman mengatakan, jika pelaku terbukti menggunakan senjata dan membuat ketakutan masyarakat maka hal tersebut termasuk tindakan teror. Sutarman menegaskan, pihaknya tidak akan ragu-ragu menerapkan pasal terorisme jika pelaku terbukti mengakibatkan nyawa orang lain terbunuh.
 “Kalau di Papua juga seperti itu, yang ditembaki orang-orang tidak berdosa, pendatang baru atau pendatang di sana dan itu menimbulkan ketakutan ya tidak menutup kemungkinan kita akan kenakan Undang Undang Terorisme. Tidak ada intruksi khusus. Aturan Undang Undang itu berdasarkan pasal yang dilanggar dan barang bukti yang kita ketemukan. Itu wilayah Indonesia semua sama.”  Ujar Sutarman.
Kepala Bareskrim Sutarman memastikan, tidak ada perlakuan khusus untuk pelaku kerusuhan di Papua. Kepolisian akan tetap menindak pelaku sesuai dengan pasal yang dilanggar dan barang bukti yang ditemukan.

Sebelumnya, sejumlah aksi teror berujung ricuh terjadi di Papua. Pada Ahad malam 16 Desember lalu, terjadi pembakaran Pos Polisi Woma, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Selain itu, massa juga menganiaya seorang anggota Bantuan Polisi (Banpol), Koltinus Itlayyang berakibat pada luka di kepala. Pada 27 November lalu, kelompok sipil bersenjata menyerang Markas Kepolisian Sektor Perime, Kabupaten Lani Jaya, Papua, yang menewaskan tiga personel polisi. Ketiganya adalah Kepala Polsek Perime  Rolti Takubesi, Brigadir Satu Jefry Rumkorem, dan Brigadir Satu Daniel Makuker. (Ika/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: