Pemerintah Diminta Evaluasi Penggunaan Dana Otsus Papua

( Jakarta ) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meminta pemerintah   mengevaluasi penggunaan dana otonomi khusus Papua. Ketua Tim Kajian Papua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elisabeth mengatakan hal itu untuk menyikapi pengelolaan dana otsus papua yang bermasalah selama ini. Kata dia, sejak 2002 hingga saat ini pemberian dana otsus Papua tidak pernah dievaluasi.


“Tidak ada laporan komprehensif tentang itu semua yah, pertama kan evaluasi otsus tidak pernah dilakukan. Padahal seharusnya dievaluasi secara tiga tahun sekali. Apakah pemanfaatannya tidak maksimal atau karena memang perencanaan di daerahnya tidak tepat. Selain itu juga dana otsus tidak untuk membangun sektor prioritas, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, tetapi malah membiayai sektor operasional birokrasi.” Ungkap Adriana.
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua menerima alokasi anggaran dana Otonomi Khusus (Otsus) 2013 sebesar Rp 4, 3 triliun.  Pembagian dana Otsus di Papua yakni 60 persen untuk kabupaten/kota dan 40 persen untuk provinsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: