Tulang Bekas Tentara Jepang Tak Boleh Diambil Tanpa Izin Pemprov Papua

(Biak) DPR Papua mendesak  pemerintah Jepang untuk bertemu lebih dulu dengan pemerintah provinsi Papua, terkait rencana pengumpulan tulang-belulang tentara Jepang, korban perang dunia ke 2 di bumi cendrawasih.  Ketua Komisi E DPR Papua, Kenius Kogoya mengatakan, sebelum ada pertemuan dan kesepakatan, pemerintah Jepang tak boleh mengambil tulang-belulang itu. Karena kata dia, tulang belulang tentara Jepang itu adalah aset sejarah dan objek wisata di Papua.

 

“Jadi ketika mereka datang, harus ada izin dan surat kerjasama yang dilakukan pemerintah Jepang. Tanpa itu Jepang tidak bisa langsung datang dan masuk ambil begitu saja. DPR akan terus mengawal ini. Jika pemerintah Jepang tidak ada komunikasi awal dan dasar berupa perjanjian kerja sama, maka DPR Papua akan menolak pengumpulan tulang belulang tentara Jepang itu.” Kata Kenius.

 

Ketua Komisi E DPR Papua, Kenius Kogoya juga meminta setiap pemerintah kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat, agar membuat peraturan daerah atau perda yang isinya melindungi tulang belulang tentara Jepang itu. Tujuannya agar masyarakat tidak lagi mengambili tulang-belulang   yang ada di sekitarnya, lalu dijual kepada pemerintah atau turis Jepang.

Bulan ini, sejumlah keluarga dari tentara Jepang- korban perang dunia 2 di Papua, akan kembali datang   untuk mengumpulkan 50 ribuan lagi tulang-belulang leluhurnya. Tulang belulang tentara jepang itu, tersebar di kabupaten Jayapura, di Kota Jayapura, Biak Numfor, Sarmi dan Manokwari.

Kedatangan berikut ini, merupakan yang ke 10 kali. Biasanya, Setelah terkumpul, lalu dibawa ke Biak untuk dibakar atau dikremasi, setelah itu debunya dibawa ke Jepang.

Sebelumnya Dinas Pariwisata propinsi Papua, juga sudah menolak rencana ini. Alasannya, Papua akan kehilangan potensi objek wisata, jika pemerintah Jepang mengambil habis tulang belulang itu dari tanah Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: