BPBD Papua Klaim Telah Kurangi Risiko Bencana

(Jakarta) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Papua, mengklaim telah mengurangi risiko bencana sepanjang tahun ini. Kepala BPBD Papua, Didi Agus Priyanto mengatakan, upaya pengurangan resiko bencana tersebut bersifat mitigasi. Dia mencontohkan pembuatan pemecah ombak di Biak pasca tsunami 2009 lalu.
“Di sana (Biak -red) dibuat pemecah ombak di pesisir. Sama seperti di Kabupaten Kepulauan Yapen itu ada sebagian jalan sudah tergerus habis sekarang kita buat pemecah ombak. Itu mitigasinya. Sedangkan upaya pengurangan risiko bencana lainnya kita melakukan sosialisasi, rapat-rapat koordinasi dengan stakeholder baik pemerintah maupun NGO.” Ujar Didi.

 

Kepala BPBD Papua Didi Agus Priyanto juga mengklaim, melibatkan dunia pendidikan dalam proses ini. Tujuannya agar para pelajar memiliki pemahaman dalam menghadapi bencana.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi bencana tahun depan. Di mana Papua menjadi salah satu daerah prioritas penanganan bencana untuk tahun depan. Potensi bencana yang mungkin terjadi di Papua yakni gempa dan tsunami.

Selain Papua, daerah lain yakni Mentawai, Kawasan Selat Sunda, Pantai Selatan Jawa, serta Kawasan Pantai Selatan Bali-Nusa Tenggara. (Ixn/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: