Paripurna DPRD Papua Dipimpin Terdakwa, Tiga Fraksi Walkout

(Jayapura) Tiga fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat -DPR Papua, walkout atau keluar meninggalkan sidang paripurna pembahasan RAPBD 2013.  Yakni fraksi Pikiran Rakyat, fraksi Demokrat, dan fraksi Partai Damai Sejahtera. Ketua Fraksi Pikiran Rakyat DPR Papua, Yan Mandenas mengatakan, aksi walkout ini sebagai bentuk protes terhadap persidangan. Alasannya  sidang dipimpin Ketua DPR Papua, Jhon Ibo yang kini berstatus terdakwa korupsi.

 

“Saudara Ketua Dewan yang sementara ini sedang menjalani proses hukum. Ini menurut kami   demi menjaga nama baik dan wibawa lembaga. Apalagi nama baik sidang paripurna, maka tidak harus beliau mengambil alih dan memimpin sidang. Tapi selayaknya memberikan mandat kepada wakil-wakil  ketua yang ada untuk bisa memimpin sidang paripurna,” kata Yan.

 

Ketua Fraksi Pikiran Rakyat, Yan Mandenas mengatakan, sesuai Undang Undang 27/2009 dan peraturan pemerintah nomor 16/2010, seorang anggota dewan bisa diberhentikan sementara, apabila tersangkut korupsi maupun pidana umum.

Yan Mandenas mengatakan, fraksinya akan tetap walkout jika persidangan berikutnya masih dipimpin Ketua DPR Papua, Jhon Ibo yang kini berstatus terdakwa korupsi.

Meski jumlah anggota dewan yang hadir tidak mencapai kuorum, persidangan tetap dilanjutkan  Ketua DPR Papua, Jhon Ibo yang sedang berstatus terdakwa korupsi. Sidang paripurna kali ini adalah untuk membahas dan menetapkan  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah –APBD Papua 2013.

Ketua DPR Papua, Jhon Ibo kini menjalani persidangan sebagai terdakwa kasus korupsi perbaikan rumah dinas DPR Papua senilai Rp 4 Milliar. (kon-Rir/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: