Anggaran MP3EI Terbesar untuk Papua dan Maluku

(Jakarta) Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara mendapatkan alokasi terbesar dari anggaran Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi indonesia (MP3EI) tahun depan. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menuturkan, keempat propinsi yang tergabung dalam koridor 6 itu akan mendapatkan alokasi Rp 204 triliun dari total investasi senilai Rp 500 triliun.

 

“Papua itu kan butuh banyak investasi untuk mengangkat ekonominya. jadi sektor riil dan infrastrukturnya itu banyak di daerah Papua, Maluku, dan Maluku Utara. Itu yang kita identifikasi untuk melakukan groundbreaking. (Sektor riilnya apa saja?) Pertambangan, smelter, kemudian yang terkait pertanian, perkebunan, juga industri manufaktur.” Ujar Hatta.

 

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan, dari total investasi tersebut, lebih dari 140 triliun dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur yang terbagi ke dalam 82 proyek yang tersebar di seluruh wilayah.

 

Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) bertujuan mendorong Indonesia menjadi negara maju dan termasuk 10 negara besar di dunia pada tahun 2025. Caranya melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan. (Gun/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: