Kekerasan Jurnalis di Papua Naik Hampir Dua Kali Lipat

(Jakarta) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura mencatat, ada sebanyak 12 kali  kekerasan atau intimidasi yang menimpa wartawan di Papua dan Papua Barat, sepanjang tahun ini. Jumlah kasus kekerasan ini meningkat tajam, dibanding tahun lalu, yang hanya ada 7 kasus. Ketua AJI Papua, Viktor Mambor mengatakan sepanjang 2012 ini, kekerasan terhadap wartawan lebih banyak dilakukan polisi. Empat kasus dilakukan polisi, tiga kasus oleh masyarakat sipil. Dari jumlah itu tiga diantaranya dilakukan secara berkelompok, satu kasus dilakukan TNI dan tiga kasus dilakukan pejabat publik.

“Saya tadi sebutkan, kekerasan pertama cenderung terjadi berkelompok. Kalau sendiri-sendiri di sini tak masuk analisis ini tapi untuk yang berkelompok. karena berkelompok saya duga ini sistematis. Jadi yang melakukan ini kepolisian dan masyarakat sipil. Tapi kita belum tahu siapa yang mencoba ini. (Jadi ada dua kelompok pemain?)Ada pengkondisian masyarakat dan polisi tak suka dengan jurnalis.” Kata Viktor.

Di Papua, wartawan mengalami kekerasan pada 8 Februari lalu, saat meliput sidang Forkurus Yoboisembut Cs di Pangadilan Negeri Kelas IA Jayapura, Kota Jayapura. Intimidasi fisik terjadi, yaitu penarikan dari ruangan sidang serta penggeledahan kepada wartawan saat memasuki area sidang. Pelaku diidentifikasi sebagai anggota Polres Kota Jayapura, berinisial AKP KK. Korban lain adalah Katarina Litha (Radio KBR 68 H Jakarta), Roberth Vanwi (Suara Pembaruan Jakarta), Jorsul Sattuan (TV One), Irfan (Bintang Papua) dan Cunding Levi (Tempo).

Kasus lain, sepanjang Februari-MEI 2012 di Papua Barat,  dialami wartawan Cahaya Papua, Wartawan Radar Sorong dan wartawan Media Papua Paskalis. Pelakunya adalah oknum Polres Manokwari yang menghalangi pemberitaan terkait aspirasi tuntutan dialog dan referendum di Papua. (Van/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: