Mabes Polri Tak Akan Tambah Personil di Papua

(Jakarta)  Kepolisian Indonesia memastikan tak akan menambah jumlah personilnya untuk menghadapi gangguan keamanan dan konflik kekerasan di Papua pada 2013 nanti. Juru Bicara Markas Besar Kepolisian Indonesia Boy Rafli Amar mengatakan, jumlah personil termasuk personil Detasemen Khusus Anti Teror 88 tak akan ditambah. Menurut dia, Polisi hanya akan melakukan pengamanan rutin seperti biasa, termasuk melakukan patroli keamanan.

“Belum ada yang penting kalau masalah kejahatannya itu pendekatannya proporsional saja. (Kalau kejahatan kriminal biasa bagaimana, dan kalau menghadapi bentuk-bentuk kejahatan seperti teror seperti apa?) Ya proporsional saja pokoknya dalam rangka penegakan hukum untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. (Penambahan personil?) Tidak ada tuh, masih cukup yang ada di Papua selama ini. Kita juga bekerjasama dengan TNI di sana.” Kata Boy.

Sebelumnya, Indonesia Police Watch -IPW menyebut, Papua masuk ke dalam empat daerah yang tingkat gangguan keamanannya akan meningkat pada 2013 nanti. Sama halnya dengan IPW, Kapolri Timur Pradopo juga mengkhawatirkan aksi separatisme akan meningkat di Bumi Cendrawasih pada 2013 mendatang. Apalagi rangkaian Pilkada di sejumlah wilayah di Papua akan digelar pada 2013 nanti. Sementara, sejumlah pengamat teroris mengatakan para pelaku teror yang di duga berasal dari Poso -Sulawesi Tengah sudah masuk ke wilayah Papua. (Van/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: