Pemprov Papua akan Bangun Rumah Dinas bagi Guru di Daerah Terpencil

(Biak) Pemerintah provinsi Papua tahun depan memprioritaskan perbaikan pendidikan dasar. Di antaranya melalui  peningkatkan pembangunan rumah dinas bagi guru-guru di daerah terpencil. Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Propinsi Papua, James Modouw mengatakan, tersedianya rumah dinas guru akan membuat guru betah bertugas di daerah terpencil. Dengan begitu, kwalitas pendidikan dasar akan semakin baik.

 

“Fokus kita kita adalah perbaikan pendidikan dasar dan pemberantasan buta aksara. Dengan penyediaan perumahan guru. Membangun gedung sekolah baru di daerah yang belum ada gedung sekolahnya dengan bantuan rintisan sekolah baru dari dana block grand. Dan program lain adalah aksi pemberantasan buta aksara, agar indek pembangunan manusia-IPM di Papua terangkat, yang sementara ini paling rendah di Indonesia. Begitu juga program penyediaan guru, penyediaan honor dan tunjangan lainnnya.” Kata James.

 

Tahun ini pemerintah Papua membangun 170 unit rumah dengan biaya 100 juta rupiah per unit di daerah daratan. Tahun 2013 nanti, akan dibangun lagi 100 unit lebih dengan biaya 300 juta rupiah per unit di daerah pegunungan. Yakni di Yahukimo, Intan Jaya, Tolikara dan  Puncak Jaya. Pemerintah provinsi Papua juga meminta setiap pemerintah kabupaten/kota, agar menyediakan dana  untuk pembangunan rumah dinas bagi guru di daerah pedalaman dan terpencil lainnya. (Dot/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: