Cegah Mangkir, Gaji Guru di Papua Diminta Tidak Ditransfer

(Jayapura) Dinas Pendidikan Propinsi Papua, menganjurkan pemerintah setiap kabupaten/kota untuk tidak lagi mentransfer gaji guru lewat rekening. Gaji guru diminta agar dibayarkan langsung di kecamatan atau distrik terdekat. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Papua, James Modouw menuturkan, cara ini untuk mencegah guru mangkir dari tugasnya. Salah satu kabupaten yang telah memberlakukan pembayaran gaji langsung di distrik, adalah di Kabupaten Merauke.

“Seluruh gaji guru itu harus diterima di kecamatan dengan kepala sekolahnya itu dengan bawa absen ke situ dan itu kebijakan yang sangat membuat guru semua kembali dan bekerja di kampung-kampung. Jadi guru ga bisa dipaksa dengan perintah dengan ancaman dengan apa, ga bisa. Kalau gaji masuk rekening, sama saja,” jelas James Modouw.

 

Dinas pendidikan setempat mengklaim kebijakan itu sebetulnya sudah dianjurkan sejak dulu, namun tak mendapatkan respon positif dari DPRD dan Pemda di kabupaten/kota. Pihaknya berharap kebijakan ini didukung dengan pembuatan peraturan daerah di masing-masing kabupaten/kota.

 

Sebelumnya dikabarkan banyak guru yang kerap mangkir dari tugas mengajar mereka. Para guru tersebut memilih pindah ke kota, karena tempat mereka mengajar terisolir. (Kon-lita/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: