Rendahnya Kinerja Pengawas Sekolah Penyebab Papua Akreditasi Pendidikan hanya C

(Jakarta) Rendahnya kinerja pengawas sekolah diklaim menjadi pemicu rendahnya kualitas pendidikan sekolah dasar di Papua. Hal ini menyusul catatan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang menyebut 50 persen sekolah dasar di Papua hanya berakreditasi C. Praktisi Pendidikan Papua, Longginus Pekey mengatakan, untuk menaikan akreditasi sekolah di sana, pemprov Papua harus memperbaiki infrastruktur sekolah dasar. Selain itu, pemerintah setempat juga harus menindak tegas guru yang mangkir mengajar di sekolah.


“Kalau menurut saya pengawas-pengawas sekolah harus berani dan tegas dan berani mengatakan kesalahan dalam proses pengelolaan sekolah itu. Terus guru dan fasilitas belajar itu jauh. Yang di pedalaman itu belum baik. Guru dan fasilitas belajar, selain media pembelajaran itu juga dibutuhkan guru yang setia.” Ujar Longginus.
Praktisi Pendidikan Papua, Longginus Pekey menambahkan, pemerintah provinsi dan pusat juga diminta serius memperhatikan kesejahteraan guru sekolah dasar di Papua.

 

Minimnya penghasilan ini mendorong para guru untuk mangkir dari tugas. Selain itu, pemerintah juga harus membenahi kinerja birokrasi agar para guru tidak dipersulit ketika hendak mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah di kantor Kabupaten.

 

Sebelumnya, lebih dari 50 persen sekolah dasar di Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah berakreditasi C. Akreditasi 2008-2012 dengan peringkat C menunjukkan tenaga pendidik dan kependidikan, standar kelulusan, serta sarana-prasarana tak layak untuk siswa belajar. (Van/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: