Manajemen Berbasis Sekolah untuk SD di Papua

(Jayapura) Dinas Pendidikan Papua akan memberlakukan manajemen berbasis sekolah MBS untuk mengejar ketertinggalan kualitas pada sekolah tingkat dasar. Kepala Dinas Pendidikan James Modouw mengakui kualitas SD di Papua belum baik. Salah satu kebijakan yang akan dikejar dalam MBS itu adalah membangun rintisan sekolah dasar di ratusan distrik yang hingga saat ini tak memiliki SD. Selain itu, warga setempat juga diajak berpartisipasi untuk mendukung berjalannya sekolah.
“Lebih kepada normalisasi pengelolaan pendidikan SD dan itu SD kita sangat rapuh.  Kita sudah fokus bagaimana perbaikan SD. Kita coba perbaiki manajemennya dengan pendekatan manajemen berbasis sekolah MBS namanya. Artinya sekolah modelnya lagi kita kembangkan di semua kabupaten dimana pengolahan kepemimpinan dan manajemnnya. Yang kedua adalah pengolahan proses belajar-mengajarnya. Yang ketiga bagaimana partisipasi masyarakat ikut mendukung proses berjalannya sekolah,” ujar James Modouw.
Sebelumnya, lebih dari 50 persen sekolah dasar di Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah berakreditasi C. Akreditasi 2008-2012 dengan peringkat C menunjukan tenaga pendidik dan kependidikan, standar kelulusan, serta sarana-prasarana tak layak untuk siswa belajar. (Kon-Lita/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: