Angka Kematian Bayi di Kabupaten Jayawijaya 122 per 1000 Kelahiran

(Jakarta) BPS Papua mencatat angka kematian bayi saat dilahirkan di Kabupaten Jayawijaya masih sangat tinggi. Yakni mencapai 122 per 1000 kelahiran hidup. Kepala Bidang Statistik Sosial di BPS Papua, Suntono mengatakan angka tersebut didapat dari Multiple Indicator Cluster Survey- MICS yang dilakukan BPS bersama dengan badan PBB UNICEF.  Survey dilakukan untuk mendapat gambaran kondisi kesehatan, pendidikan dan perlindungan perempuan serta anak di sana. Suntono menyebut, selama ini data kependudukan di Papua yang bisa diandalkan sangat terbatas.
MICS ini dilakukan atas rekomendasi dari ITB. MICS dipusatkan di Papua dan Papua Barat, karena ini merupakan provinsi targetnya UN. Karena Papua secara data cukup langka. maka MICS itu diharapkan nanti bisa membantu mengumpulkan data yang selama ini sulit didapatkan karena berbagai alasan. Kesulitan wilayah dan lain sebagainya.” Kata Suntono.
MICS dipusatkan di Papua dan Papua Barat,   lantaran data soal kondisi kesehatan dan pendidikan di wilayah ini  langka. Survey ini diharapkan  bisa membantu mengumpulkan data yang selama ini sulit didapatkan karena berbagai alasan. Termasuk kondisi geografis. (Gur/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: