Ketua DPR Papua Dihukum 1 Tahun 10 Bulan Penjara

(Jayapura) Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jayapura, menjatuhkan vonis 1 tahun 10 bulan penjara, kepada Ketua DPR Papua John Ibo, karena terbukti melakukan korupsi dana APBD 2006/2007. Hukuman John Ibo ini, lebih ringan 2 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Ketua Majelis Hakim Tipikor jayapura, Haris Munandar juga membebankan denda Rp 50 juta kepada terdakwa john Ibo. Jika denda itu tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan penjara dua bulan.
“Menghukum terdakwa dengan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti kerugian negara sebanyak 1 miliar 55 juta 920 ribu 700 rupiah dengan ketentuan apabaila uang pengganti tersebut tidak dibayar oleh terdakwa dalam waktu satu bulan setelah putusan ini mempunyai kekuatan hukum tetap maka harta bendanya disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dan jika terdakwa tidak mempunyai harta bendayang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka diganti dengan pidana penjara 1 tahun,” jelas Haris Munandar.

Kasus korupsi John Ibo ini, mulai disidangkan awal Mei tahun lalu. Ia didakwa korupsi dana APBD tahun 2006/2007 sebesar Rp 5,2 miliar untuk pemeliharaan dan pembangunan rumah tinggal ketua DPR Papua. John Ibo mengklaim dalam persidangannya dana senilai Rp 2,6 miliar digunakannya untuk membangun tiga rumah pribadinya yang terletak di Ardipura, Doyo Baru, Kertosari. Sementara dana Rp 2,6 lagi  digunakannya untuk membantu korban kebakaran dengan cara membangun 12 rumah di Danau Sentani, membangun gereja di Sentani dan bantuan alat kesenian untuk salah satu kampung di Sentani dan Serui. (Kon-Lit/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: