Cuaca Buruk, Kapal Dilarang Berlayar

(Jakarta) Pemerintah tetap melarang kapal-kapal kecil dan sedang, untuk berlayar di hampir semua perairan Indonesia, termasuk di Papua. Pejabat di Kementerian Perhubungan Yudustar mengatakan, di sejumlah perairan kini gelombang tinggi akibat cuaca buruk mencapai 2 – 6 meter. Di perairan Manokwari gelombang tinggi mencapai 2 – 3 meter. Peringatan untuk tidak berlayar ini berlaku sejak tanggal 11 hingga 16 Januari mendatang. Larangan ini kemungkinan akan diperpanjang.
“Kita selalu sampaikan kepada para aparat kita yaitu syahbandar, kemudian kakanpel, KUPP, pangkalan, stasiun radio pantai, kita tembuskan juga kepada Insa pak. Sampai tanggal 16 itu kita nyatakan masih cukup berbahaya. Hari ini kita akan sampaikan lagi karena gelombang tinggi masih akan terus terjadi.” Kata Yudustar.

 

Kementerian Perhubungan menginstruksikan penundaan pemberian surat persetujuan berlayar atau SPB, bagi kapal yang berlayar. Ini menyusul peringatan dini dari BMKG atas gelombang tinggi di beberapa perairan Indonesia. Maklumat Pelayaran atau Mapel itu sudah diberi kepada para perwakilan di pelabuhan sejak 3 Januari lalu. *(tam/Ary)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: